Begini Trik Menyimpan Sayuran/Bahan Makanan Tanpa Kulkas


Sayuran dan bahan makanan bisa disimpan lama dengan cara ini. Berguna banget untuk dipakai agar bahan makanan dan sayuran yanng sudah dibeli tidak cepat membusuk jika akan digunakan untuk memasak.

Begini Cara Menyimpan Sayuran/Bahan Makanan Tanpa Kulkas


Cabai


Untuk penyimpanan tanpa kulkas cabai bisa disimpan pada wadah terbuka yg bawahnya diberi alas tisu/kertas kering.
Pastikan cabai dalam kondisi kering dan tangkainya sudah dipetik agar tidak mudah busuk. Lebih oke lagi cabai ditata agar tidak saling menumpuk.

Sayuran Hijau


Agar tidak cepat layu, bisa rendam batang sayuran hijau di toples atau wadah berisi air.

Cara ini bisa bertahan 1-2 hari.

Sayuran Lainnya


(Berikut ini beberapa contoh sayuran yg lumayan awet disimpan tanpa kulkas)

Cara simpannya, Siapkan wadah datar seperti nampan/tampah alasi dengan tisu/kertas kering. Pastikan sayuran dalam keadaan kering. Lalu sayuran ditata (jangan ditumpuk).

Daging Ayam


Untuk ayam bisa direbus dl dibumbui bawang+garam/bumbu bacem/bumbu ungkep (Bisa ditambahkan tahu/tempe juga)

Kalau mau makan tinggal goreng. Kalo masih sisa, rebusan ayamnya bisa dipanasi lagi buat digoreng besoknya.

Tempe


Simpan tempe pada wadah tertutup (jangan dipotong-potong dulu), lalu taburkan garam di sekitar tempe. Dan tutup rapat.

Duo bawang+kentang

Simpan masing-masing di wadah terbuka, alasi dengan tisu/kertas kering.

Daun Bawang

Kalau aku daun bawang biasanya disimpen di gelas yg diisi air,
- bersihin akarnya tapi jgn dipotong.
- daun yg layu dibuang, pokonya yg masih bagus aja yg disimpen di air.
- air digelas 2 hari sekali di ganti.
- pas mau dimasak, jgn di potong habis, sisain biar tmbh lagi. Awet.

Kalau seledri (yang masih ada akarnya) tancepin aja di pot, dia termasuk mudah tumbuh kok. Yang penting media tanahnya bagus.

Tahu

Tahu biasanya dicuci 2 kali. Sekali dicuci pake air kran/air mengalir, sambil diusap lembut permukaannya. Kemudian dicuci lagi dengan air matang. Kemudian simpan di wadah tertutup terendam dengan air matang.

Daging Sapi

Kalau daging tidak disaranin bisa tahan sampai 3 hari diluar freezer. Saran beli daging sapi lalu dimasak rendang, dimasak lama sampai benar2 kering. Lalu disimoan diwadah kedap udara. Bisa rahan samapi 4-5 hari

Tambahan:


- Cabe (rawit/keriting merah) aku gk cabut tangkainya dan awet bs 7 hari. Nyimpen rawit dan keriting merah gak dicampur
- Bawang Bombay utuh dibungkus kertas, taro tempat kering
- Tomat bungkus Koran (kalo versiku 1 by 1) taro wadah yang gak transparan